Tips Bermain DotA 2 Untuk Para Pemula

Tips Bermain DotA 2 Untuk Para Pemula. Mempelajari DotA 2 memang tidak mudah, Game yang dimainkan oleh puluhan juta orang dan disebut-sebut sebagai game terbesar di Dunia membuat DotA 2 banyak diminati oleh para Gamers akhir-akhir ini. DotA 2 merupakan Game berjenis Arena atau bisa disebut MBA jauh dari Mobile Legends di rilis  oleh Moonton DotA 2 sudah lebih dahulu bisa dimainkan Games yang dikembangkan oleh Valve ini resmi rilis pada juli 2013, didalam Games ini ada dua team yang saling berlawanan, yaitu Team Dire dan Team Radiant. Masing-masing team beranggotakan 5 orang dan masing-masing memiliki markas yang disebut “Ancient”.

Tujuan utama masing-masing team adalah untuk saling menghancurkan tower dan markas lawan. Team yang berhasil menghancurkan Ancient lawan maka dialah pemenangnya, ingat tujuan utama dalam DotA 2 adalah Ancient bukan Kill. Berikut ini beberapa Tips Bermain DotA 2 Untuk Para Pemula yang harus kamu kuasai. Walaupun tips ini mungkin tidak akan membuat kalian bermain seperti profesional secara instan, setidaknya kalian dapat mempelajari cara bermain game yang sangat membingungkan untuk para pemula ini. Langsung aja cekidot gaes !

 

  • MULAI BERMAIN MELAWAN BOT

Untuk para pemula disarankan untuk bermain melawan bot terlebih dahulu agar kalian paham tentang dasar-dasar  permainan dan membiasakan diri di dalam permainan tersebut. Jangan salah guys bot juga lumayan jago kok, tingkat kesulitaan bot ada lima yaitu passive, easy, medium, hard dan unfair untuk para pemula saya sarankan memilih medium karena passive dan easy mungkin terlalu mudah.

  • MEMILIH HERO YANG MUDAH DIGUNAKAN

Sebenarnya terserah kalian mau pick hero seperti apa tapi untuk para pemula saya sarankan memilih hero yang mudah digunakan terlebih dahulu karena dengan menguasai hero yang mudah akan lebih cepat kalian akan mempelajari dan menguasai hero-hero yang sulit seperti Invoker, Tinker dan lain-lain. Contoh hero yang mudah digunakan untuk para pemula :

  • Sniper

Kardel Sharpeye The Sniper Hero role Carry yang sangat rapuh di early game tapi sangat berbahaya di late game, dengan penggunaan skill yang simple hero ini kerap dijadikan sebagai hero tutorial bermain dota, jadi kalau ketemu sniper nanti bisa jadi yang pakai lagi belajar juga tuh guys. Tapi jangan salah hero ini memiliki range terjauh di DotA 2 dan menjadi salah satu kelebihan hero ini, jadi lebih memudahkan kalian ketika teamfight yang penting kita harus jago mencari tempat yang aman aja guys agar bisa free hit.

  • Drow Ranger

Traxex The Drow Ranger Hero range yang memiliki attack yang sangat tinggi bahkan di level early game. Bukan hanya itu, hero ini akan sangat mengerikan apabila dibangun dengan benar, dan dengan panah es nya atau Frost Arrow akan lebih memudahkan kalian untuk mendapatkan Kill. Traxex memilik base agility sangat banyak yang berasal dari skill ultimatenya sehingga memiliki damage yang sangat besar, stat yang lumayan baik dan armor yang tinggi akan lebih jika kalian memakai hero ini untuk lebih berhati-hati ketika teamfight dan belajar memposisikan diri karena Traxex cukup lembek karena HP nya juga tidak begitu besar maka gua sarankan untuk membuat Hurricane Pike.

  • KENALI ROLE DAN LANE

Banyak Gamers yang bermain Dota 2, namun tidak sedikit yang telah memahami peran roles pada saat bermain dan ada juga yang sudah memahami roles tetapi tidak mengetahuin lane yang tepat untuk hero tersebut dimana, gua jelasin dengan singkat aja ya karena buat pemula intinya adalah yang penting paham cara bermain terlebih dahulu hehe.

  •  Carry

Role ini paling wajib yang harus ada pada satu tim untuk mengisi safelane yang pada radiant terletak pada bottom lane sedangkan safelane pada dire terletak di top lane. Carry yang memiliki arti mengangkat/membawa, tugas carry adalah mengangkat/membawa tim menuju kemenangan. jadi usahakan kalau kalian pick Carry prioritas teratas adalah farming karena di late game peran kalian akan sangat berguna. So kejar item kalian terlebih dahulu fokus saja farming jangan takut karena pada umumnya carry berdua atau bertiga dengan dua hero support. Role ini sebenarnya kurang cocok untuk para pemula karena tanggung jawabnya besar banget bro fail dikit dibacotin item lama jadi dibacotin kudu kuat ya bro kalo mau pick carry, tapi karena gua yakin sebagian besar orang mulai bermain dota karena pingin ngerasin ngekill dalam game tersebut jadi fine-fine aja untuk para pemula pick role ini. Hero carry cukup banyak tapi untuk para pemula lebih baik menggunakan hero carry yang mudah digunakan seperti Drow Ranger, Luna, Juggernaut dan Huskar.

  • Midlaner

Midlaner adalah orang yang bermain di jalur tengah, karena midlaner solo di lane pasti lebih cepat mendapatkan experience, jadi jangan heran level midlaner pasti lebih tinggi dari lane manapun pada early game. Midlaner bertujuan untuk memperoleh gold dan experience secepat mungkin sehingga ketika mencapai level yang cukup midlaner bisa mulai melakukan gank pada lane lain. 

Seorang midlaner harus memiliki skill individual yang tinggi sehingga mudah untuk mendapatkan last hit dan deny, untuk menggunakan hero midlaner sebaiknya para pemula harus sigap karena lane ini bahaya sekali  karena tim lawan pasti akan gank kalian terus menerus harus lincah deh pokoknya tapi jangan takut gaes kalau support kalian peka pasti di bantuin kok, untuk hero Mid kalian yang baru belajar bisa menggunakan Windranger, Queen of Pain dan Sniper. Kalau udah jago cobain Invoker emang awalnya pasti susah tapi kalau kalian giat berlatih pasti bisa !

  • Offlaner

Role ini tidak jauh berbeda dengan midlaner bedanya adalah kalian tidak mencari gold melainkan bertahan hidup kenapa gua bilang demikian karena kalian akan bertemu satu carry lawan dan satu support bahkan bisa dua support yang mengcover carry mereka jadi sebisa mungkin kita mengambil experience dari creep lawan yang sudah mati sukur-sukur kita dapet last hit nyentuh creep lawan aja susah gaes,  tugas lain dari offlaner adalah mengganggu carry lawan kalau bisa digangguin jangan ragu-ragu gangguin terus gaes tapi kalau tidak bisa lebih baik kalian jaga tower kalian dan bermain safe cari level lebih baik jika kalian pick offlaner, untuk para pemula yang pingin nyobain role ini mungkin gua sarankan memilih hero yang cukup tank seperti Axe dan Bristleback.

  • Support

Role ini bisa dibilang role paling tidak enak di DotA 2 karena harus banyak mengalah gak mungkin kan carry kalian beli ward kapan jadi itemnya item mereka nanti, Support bertujuan untuk membantu hero lain melewati fase early dan mid game sehingga mereka bisa menjadi sangat kuat ketika late game, yang harus kalian lakukan adalah memfasilitasi mereka seperti membeli ward, mengharas musuh dan membantu mereka mendapatkan kill. Role ini sangat penting karena ketika teamfight kelihaian seorang support bisa menentukan menang atau kalahnya tim dalam pertandingan. Mungkin para pemula tidak akan suka dengan role ini, karena kebanyakan para pemula ketika belajar hanya ingin mendapatkan kill jadi role ini cukup sepi digunakan oleh para pemula gua juga gitu kok gaes dulu xD.

Sebenarnya masih banyak role lain seperti Disabler, Initiator, Jungler, Durable dan Nuker tapi untuk para pemula cukup mengerti 4 Role di atas udah cukup kok 😀

  • MEMILIH ITEM YANG TEPAT

Jangan takut untuk para pemula yang bingung karena tidak tahu item apa yang harus digunakan karena dari DotA 2 sendiri sudah memberikan rekomendasi item sesuai hero yang kalian gunakan, Item dibagi berdasarkan waktu game yaitu Early Game, Mid Game, Late Game dan terakhir Popular Items tinggal kalian sesuaikan saja gaes jangan takut untuk mencoba selagi masih belajar.

Segitu aja sih tips singkat menurut gua yang bisa membantu kalian khususnya para pemula untuk bermain game ini, yang jelas DotA 2 itu game yang sangat fleksibel strategi baru bisa muncul di waktu yang tak terduga , untuk kalian yang baru mulai bermain game ini iman harus kuat karena trashtalknya player dota itu paling pedih dibandingkan game mana pun dan terus belajar jangan takut mencoba anjays, buat para senior DotA 2 mungkin bisa ditambahkan jika ada kekurangan.

Leave a Reply